Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik Dengan Aplikasi Open Journal System (OJS)

STIA LAN Makassar menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik Dengan aplikasi Open Journal System (OJS) yang diadakan di ruang Indonesia Perancis kampus STIA LAN Makassar pada hari Kamis 15/11/2018. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan para pengelola OJS STIA LAN Makassar.

Kegiatan workshop ini diadakan guna meningkatkan kemampuan penulisan dan publikasi jurnal hasil penelitian dosen STIA LAN Makassar. Melalui workshop ini diharapkan dapat mendorong dosen STIA LAN Makassar untuk mempublikasikan hasil penelitannya dalam bentuk jurnal online. Adapun manfaat OJS untuk dosen terkait publikasi sebagai penambahan angka kredit. Akreditasi institusi juga dilihat dari jurnal ilmiah. Akreditasi untuk mendapat reputasi nasional dan indeksasi untuk mendapat reputasi internasional.
Aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah pada saat ini diarahkan dalam bentuk online agar sebaran akses semakin luas. Salah satu sistem pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Jurnal System (OJS). Melalui OJS pengelolaan jurnal lebih tertata dan terdokumentasi secara baik.
Narasumber dalam acara ini adalah Muh. Ilham Bakhtiar, S.Pd. M.Pd selaku Editor In Chief Journal of Educational Science and Technology (EST) UNM. Ilham memberikan materi Perubahan Paradigma Tatakelola Terbitan Berkala Ilmiah, Persiapan Akreditasi Jurnal, Tahapan Akreditasi Jurnal Nasional, Syarat Pengajuan, Manajemen Jurnal, Substansi Artikel, Pendaftaran dan Evaluasi Diri, Hasil Akreditasi.


Selain itu narasumber juga memberikan panduan untuk tim pengelola OJS STIA LAN Makassar berupa Panduan Editor Menggunakan OJS Versi 3, Panduan Section Editor Menggunakan OJS Versi 3, Kelengkapan Jurnal Menuju Akreditasi ARJUNA, Panduan Reviewer Menggunakan OJS Versi 3, Indeksasi Google Scholar, DOAJ, IPI Portal, Scopus dan Thompson Routers.
Peserta dalam workshop sangat antusias dalam mengikuti materi. “ saat ini jurnal sudah harus online, semenjak 2018 Kemenristekdikti sudah mengeluarkan pedoman yang mewajibkan jurnal untuk diakreditasi melalui ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional)”, kata Ilham. Untuk itulah STIA LAN Makassar terus mendorong para dosen untuk terus semangat dan aktif dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan melalui jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional sehingga dapat mendongkrak kualitas STIA LAN Makassar.