Download WordPress Themes, Happy Birthday Wishes
Home / Berita / Kuliah Umum Manajemen SDM di Era 4.0

Kuliah Umum Manajemen SDM di Era 4.0

Makassar – Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara LAN (STIA LAN) Makassar diwakili oleh Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur menyelenggarakan acara Kuliah Umum yang dibawakan oleh M. Asyhari, Direktur Sumber Daya Manusia PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) di Aula lt. 3 STIA LAN Makassar, Selasa (1/10).

M. Asyhari, pria kelahiran Kota Medan Sulawesi Utara ini dalam presentasinya yang berjudul “Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur 4.0” memaparkan bahwa untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang kompetitif dalam Revolusi 4.0 setidaknya mereka harus memiliki 3L, yakni: Literasi Data, Literasi Teknologi dan Literasi Manusia. “Sekarang kita tidak lagi semata-mata menanyakan anda itu lulusan universitas mana. Melainkan yang paling penting untuk era sekarang ini adalah amda bisa apa?” terang Pak Ansyhari kepada mahasiswa STIA LAN Makassar yang sempat hadir menjadi audiens dalam Kuliah Umum tersebut.

Literasi Data merupakan kemampuan membaca, menganalisis dan memanfaatkan informasi big data dalam dunia digital. Literasi Teknologi merupakan kemampuan memahami cara kerja mesin dan aplikasi teknologi (coding, artificial intelligence dan engineering principles). Sedangkan Literasi Manusia merupaman kemampuan berpikir dan berimajinasi, berkomunikasi serta daya cipta.

Tidak hanya memaparkan soal konsep Sumber Daya Manusia di era digital, Pak Ansyhari juga sempat menyampaikan sekilas bagaimana PT. Pelindo 4 mempraktikkan manajemen Human Capital sejauh ini. PT Pelindo IV berkomitmen dalam meningkatkan Kompetensi Anak Bangsa. Sejak Februari silam, PT. Pelindo 4 telah melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). PMMB memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN (link and match universitas dan industri). PMMB merupakan program yang juga telah dan sedang diikuti oleh beberapa orang mahasiswa STIA LAN Makassar selama dua Batch. PT Pelindo IV dalam PMMB ini juga memberikan fasilitas berupa honor dan uang makan kepada mahasiswa yanh diterima untuk melakukan magang di sana.

Kegiatan Kuliah Umum ini diikuti oleh mahasiswa dari tiga program studi yakni, Manajemen Sumber Daya Aparatur, Administrasi Pembangunan Negara, dan Administrasi Bisnis Sektor Publik. Kuliah Umum ini ditutup dengan kesimpulan bahwa sebagai mahasiswa dan generasi penerus bangsa, tidak ada lagi pilihan agar tidak tertinggal selain berbenah dari sekarang. We have to change, it’s now or never. (Humas)

About Asmariyanti

x

Check Also

Selamat Datang Mahasiswa Baru STIA LAN Makassar

STIA LAN Makassar telah selesai melakukan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) 2019. Tercatat 183 Orang Mahasiswa Baru pada Jenjang Sarjana (S1) Terapan dan 48 Orang Mahasiswa pada Jenjang Magister (S2) Terapan. Penyambutan Maba jenjang S1 Terapan, mahasiswa diberi pembekalan melalui 2 Agenda. Agenda pertama yakni Penerimaan dan Pembinaan Mahasiswa Baru ...