HUT LAN RI yang Ke-64

Hari ini, Jumat 6 Agustus 2021, Lembaga Administrasi Negara genap berusia 64 Tahun. Puncak acara HUT LAN ini dilaksanakan secara blended. Kepala LAN beserta jajarannya hadir secara klasikal juga beberapa undangan, sedangkan yang lain hadir secara virtual. Dalam sambutannya, Kepala LAN RI – Dr. Adi Suryanto, M.Si mengatakan “Kondisi pandemi Covid-19 merupakan momentum emas untuk merenungkan dan merefleksikan kembali, apa yang akan menjadi isu dan tantangan ke depannya, karena semakin hari tantangan yang dihadapi akan semakin kompleks, dan situasi yang dihadapi semakin tidak pasti. Maka dibutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki komitmen, dedikasi, semangat yang tinggi untuk Makarti Bhakti Nagari, sesuai dengan semboyan LAN, yang memiliki arti bekerja untuk dan berbakti kepada negara”.

Tampak hadir secara virtual dan memberi ucapan selamat ulang tahun baik secara langsung maupun tidak langsung yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo, SH, Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH dan juga Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA,CFrA,CGCAE. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs. Imam Gunarto, M.Hum, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof. Agus Pramusinto, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muh. Syarif Bando, Gubernur Bali, Wayan Koster, Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran B.B.A, Walikota Tangerang Selatan, Drs. H. Benyamin Davnie, Bupati Kabupaten Manggarai Herybertus G.L. Nabit, SE., MA, Bupati Kabupaten Seluma, Erwin Octavian, SE., Bupati Kabupaten Mamuju Tengah, Drs. Muh. Amin Jasa, MM, dan Bupati Kabupaten Pandeglang, Tanto Warsono Arban, SE., ME. Kegiatan HUT LAN juga tentu saja dihadiri oleh segenap Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan LAN baik yang berada di Jakarta maupun berada di daerah.

Kegiatan tersebut juga menganugerahkan berbagai penghargaan kepada para stakeholders antara lain:

  1. Penghargaan Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) Award 2021 diraih oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, Pemerintah Kota Padang Panjang, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Pemerintah Kabupaten Manggarai, dan Pemerintah Kabupaten Seluma.
  2. Penghargaan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Berprestasi sebagai Collaborative and Inclusive Learning Center:
    • Kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Pusat diraih oleh Balai Pelatihan Kesehatan Semarang, Kementerian Kesehatan, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Kementerian Kesehatan, dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Kepemimpinan, Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan, Mahkamah Agung;
    • Kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah diraih oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo, dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta; dan
    • Kategori Lembaga Pelatihan Teknis Fungsional diraih oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Kementerian Kesehatan, serta Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.
  3. Penghargaan Analis Kebijakan untuk Indonesia (AKuI) Award diraih oleh Made Agus Sugianto, SKM, M.Kes., Diah Ipma Fithria Laela Hidayati, S.Psi., M.Sc., Dr. Dida Daniarsyah, M.Si., dan Ni Luh Putu Suardiyanti, S.Pd.
  4. Penghargaan Widyaiswara Berprestasi diraih oleh Dr. Ir. Sri Mahendra Satria Wirawan, M.M., M.T., Jamila Lestyowati, S.E, M.Si., Dr. Asep Agus Sulaeman, S.Si., M.T., Hasan Ashari, S.Sos., M.E., Mohammad Djufri, S.T., M.Si., Ratnaningsih Hidayati, S.TP., M.P., Dr. Sopan Adrianto, S.E., M.Pd., M.M., Wahyu Eko Handayani, S.Pd., M.Pd., Dra. Wisnuwati, M.Pd., dan Ir. Waldemar Hasiholan, M.Si.
  5. Penghargaan Inovasi Pengembangan Materi Microlearning diraih oleh para Widyaiswara dari BPSDM Provinsi Jawa Timur, Balai Pelatihan Bahasa LAN, PPPPTK PKn dan IPS, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Pusdiklat Badan Siber dan Sandi Negara, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Pusdiklat Perdagangan Kementerian Perdagangan, BBPPMPV BMTI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Pusdiklat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, serta Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Kementerian Keuangan.

Dua mahasiswa Politeknik STIA LAN Makassar juga ikut menerima penghargaan di perayaan HUT LAN ini sebagai mahasiswa terbaik yakni Rahmawati (Prodi MT APN) dan Azahra Nurulfarhanan Maulidya Arifin (Prodi ST MSDMA)